DIY : Gonta-Ganti Per Sokbreker (Shock Breaker) Belakang

oleh -9 views

MOTOGOKIL.COM-Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Jika sokbreker kekerasan berasa nggak enak banget, karena getaran ban belakang bisa sampai ke tulang punggung, dan jika berkendara terlalu lama bisa bikin cidera punggung. Tapi bila keempukan juga ada nggak enaknya, yaitu motor hampang gasruk polisi tidur dan saat menikung kadang limbung. Nah ketika sokbreker sudah nggak bisa disetel lagi, kita nggak perlu beli sokbreker baru yang mahal, tapi cukup ganti per nya saja dengan sok breker bekas yang lebih empuk.

Kasus yang seperti ini, iwf (iwan fadila – admin motogokil.com) pernah alami saat punya yamaha nmax (tahun 2014). Dan saat itu permasalahan sok (shock breaker) belakang yamaha nmax yang keras, memang menjadi topik pembicaraan yang bisa menjadi penghalang penjualan nmax. Bagi rider yang tidak memperdulikan masalah ini (termasuk motogokil), sok belakang keras tidak masalah dan bisa diakali. Dan ternyata sudah banyak yang men-share bagaimana mengatasi sok keras nmax ini. Ada yang mengganti dengan sok aftermarket, ganti per atau beli sok variasi yang disediakan yamaha secara resmi.

Bagi ane yang seneng bongkar-bongkar motor, mending masalah sok nmax yang keras ini diatasi sendiri. Beberapa referensi di internet membuktikan bahwa per sok belakang shogun sangat cocok untuk substitusi menggantikan per sok nmax. Nah kebetulan di fb ada yang menawarkan sok shogun seken, ya sudah layangkan tawaran, dan deal dengan harga 80 ribu.

Jika di internet sudah banyak yang men-share bagaimana mencopot dan memasang sok belakang nmax, nah ane sekarang mau men-share bagaimana membongkar per sok nmax dan diganti dengan per sok shogun. Berikut ini langkah-langkahnya :

Pastikan dulu dapet sok belakang shogun seken

Siapakan alat untuk membuka/membongkar sok. Kebetulan motogokil punya alat seperti ini, mungkin namanya tracker untuk sok breker model pegas. Bagi yang tidak punya, harus kreatif menggunakan berbagai macam cara alternatif lainnya.

Kemudian posisikan sok yang mau dibongkar pada alat ini, seperti gambar ini

Putar penekan berulir, sampai bagian pangkon bawah terbebas dari tekanan per/pegas. Kemudian pangkon bisa dilepas dengan memutar ke kiri. Bagian as sok harus dipegang/jepit erat agar tidak ikut berputar.

Dan terbongkarlah sok shogun

Sok nmax kemudian dibongkar dengan cara yang sama. Dan ternyata memang panjang per shogun dan nmax hampir sama.

Akan tetapi penggantian per ini tidak berjalan mulus, ternyata alas pangkon sok nmax (yang mirip topi bolong) sedikit lebih besar dari pada rongga sok shogun bagian bawah.

Terpaksa usaha sedikit, menggerinda bagian dalam rongga sok shogun

Dengan sedikit pemaksaan, masuklah alas sok nmax di bagian bawah per sok shogun

Pasang dengan menggunakan treker dengan urutan langkah sebaliknya, dan berpindahlah per sok shogun menggantikan per sok nmax.

Dan selanjutnya pasang ke nmax, penampilannya menjadi lebih mewah

Tes jalan melewati beberapa polisi tidur, lumayan agak empuk. Dan untuk ane justru ini yang ok, karena terlalu empuk juga tidak bagus buat handling saat menikung. Cukuplah untuk mengurangi guncangan, ketimbang menggunakan sok nmax original. Tips ini bisa digunakan untuk motor lainnya baik untuk mengempukkan atau mengeraskan sokbreker dengan mensubstitusi pernya dengan per sokbreker motor lain yang sesuai.

Buat pemirsa jatimotoblog yang ingin melakukan oprek motor pada bagian-bagian lainnya bisa mengunjungi

DIY ala Motogokil

Lumayan lengkap dari motor bebek sampai motor sport. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

Tentang Penulis: Jatimotoblog

Gambar Gravatar
Jatimotoblog adalah sebuah komunitas blogger otomotif Jawa Timur yang terbentuk pada Desember 2011, dimana setiap artikel berisi berita dan opini tentang informasi Roda 2, Roda 4, MotoGP

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.